PANDUAN ISOMAN - Cara Mendapatkan Obat Gratis & Telemedisin

Pamflet Panduan

Klik Gambar untuk menampilkan gambar lebih detail.

Syarat dan Ketentuan Paket Obat ISOMAN Gratis dari Kemenkes RI
Panduan Penggunaan Layanan Telemedisin
  1. Pasien melakukan tes PCR / swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan RI. Jika hasil tesnya positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.

    Catatan: Data ini wajib dilaporkan setiap lab penyedia layanan test COVID19 ke Kementerian Kesehatan. Kasus positif adalah pasien yang memiliki hasil positif tes PCR dari 7 hari kebelakang

  2. Untuk sementara, program ini hanya berlaku untuk area Jabodetabek, Kota Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Solo, Malang dan Kab. Karawang. Untuk memeriksa apakah pasien dapat menerima layanan GRATIS ini, silahkan masukkan NIK pasien dan tap tombol Periksa (ceklis) dibawah ini:

    https://isoman.kemkes.go.id/panduan

  3. Pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu platform layanan telemedisin secara GRATIS di menu Konsultasi dan memasukan kode voucher ISOMAN di aplikasi yang Anda pilih.

  4. Lakukan konsultasi dokter dengan menginformasikan Anda adalah pasien program Kementerian Kesehatan.

  5. Setelah melakukan konsultasi secara daring, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. Jika pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman, obat dapat ditebus gratis.

  6. Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien mengisi formulir pesanan yang tersedia pada menu Pesan Obat dengan mengunggah resep digital (JPG atau screen capture) yang dikeluarkan dari platform telemedisin, KTP, dan melengkapi alamat pengiriman

  7. Obat dan/atau vitamin akan ditanggung oleh Kementerian Kesehatan sesuai dengan ketentuan.

    Catatan: Daftar lengkap obat dan vitamin yang ditanggung terdapat pada gambar dibawah ini :

  8. Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan jasa pengiriman dari SiCepat untuk mengambil obat dan/atau vitamin dariApotek Kimia Farma dan mengirimkan ke alamat pasien.

    Catatan: Hanya pasien dengan nomor terdaftar di database Kemenkes (NAR) dan memiliki kasus aktif yang berhak mendapatkan obat dan vitamin.

Domisili di JABODETABEK :

https://isoman.kemkes.go.id/

Domisili di JAWA BARAT (Non JABODETABEK) :

https://pikobar.jabarprov.go.id/isoman

https://form.jotform.com/211827910904051?kat=00-OT